Langsung ke konten utama

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar - Contoh surat pengunduran diri (resign) adalah postingan yang akan admin bagikan pada kesempatan ini untuk Anda semuanya yang masih setia mengunjungi situs berbagi macam contoh surat ini. Nah bagi anda yang memang sedang mencari referensi dalam membuat surat pengunduran diri kerja (Resign), silahkan simak terus halaman ini sampai selesai.

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar
Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar

Tidak sedikit orang yang mencari contoh surat pengunduran diri di Internet, baik itu untuk keperluan pembelajaran di sekolah maupun untuk keperluan mengundurkan diri dari perusahaan/instansi tempat ia bekerja selama ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) yang Baik dan Benar


Ada berbagai alasan seseorang memilih untuk resign dari tempat kerjanya, seperti ingin mengembangkan kemampuan dan ilmunya di tempat lain atau sudah tidak cocok dengan tempat kerjanya baik karena kenyamanan atau upah kerjanya yang terlalu kecil. Tentu ini adalah beberapa alasan dari kesekian alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk mengajukan pengunduran diri kerja (resign).

Resign dari pekerjaannya bisa saja meninggalkan kesan yang tidak baik jika anda salah dalam bertindak. Nah apabila anda ingin mengundurkan diri dengan cara yang terhormat dan sopan, maka anda harus membuat surat pengunduran diri kerja. Hal ini penting,karena bukan hanya sekedar untuk formalitas semata, tetapi juga merupakan sebuah adab yang perlu dilakukan oleh seorang karyawan, pejabat, guru dan lain sebagainya.

Di bawah in admin akan membagikan beberapa contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar untuk berbagai tempat maupun posisi. Namun sebelum itu, terlebih dahulu kita akan mengulas apa tujuan dan manfaat surat resign tersebut.

Manfaat/Tujuan Surat Pengunduran Diri/Resign

Surat pengunduran diri kerja ataupun surat resign adalah sebuah jenis surat resmi yang berisikan tentang permohonan seseorang kepada atasannya untuk berhenti bekerja. Pada saat mengajukan resign, kita haruslah memberikan alasan yang logis tentang perihal pengunduran diri tersebut.

Hal yang paling utama yang harus diperhatikan adalah menjaga supaya tidak menyinggung perusahaan atas keputusan yang anda ambil tersebut. Meskipun mungkin alas an anda resign dari perusahaan dikarenakan pihak perusahaan tidak cukup mampu dalam memberikan harapan-harapan dari karyawannya.

Bagi anda yang membuat surat resign ini, anda dan pihak perusahaan tentunya akan sama-sama mendapatkan manfaatnya, manfaatnya yakni sebagai berikut:

1. Terlihat lebih terhormat dan profesional

Setiap keputusan yang akan kita ambil tentunya juga harus dibarengi dengan adab serta nilai-nilai kesopanan, tidak menghilang begitu saja. Terlebih lagi di dalam dunia kerja yang pastinya setiap perusahaan mempunyai aturan serta etika yang harus ditaati oleh setiap karyawannya.

Pada saat anda mengundurkan diri secara baik serta resmi, tentunya pihak perusahaan akan menilai bahwa anda adalah seorang pribadi yang terhormat, bertanggung jawab.dan memiliki tata karma. Akan berbeda halnya apabila anda meninggalkan perusahaan tempat anda bekerja tanpa mengajukan surat pengunduran diri kerja.

2. Pihak perusahaan mempunyai kesempatan untuk mencari pengganti posisi yang anda tinggalkan. 

Surat pengunduran diri kerja (Resign) biasanya diajukan sebelum waktu anda mengundurkan diri. Contohnya saja apabila anda ingin resign dari pekerjaan pada tanggal 20 November 2017,maka anda wajib mengajukan surat permohonan pengunduran diri kerja sebelum tanggal tersebut.

Dengan mengajukan permohonan resign sebelum waktunya tersebut, maka anda sudah melakukan hal untuk menghargai perusahaan tempat anda bekerja, sehingga tugas-tugas anda yang selama ini anda kerjakan tidak akan terbengkalai yang dapat menyebabkan tinggalnya kesan buruk kepada diri anda.

Nah apabila anda berniat untuk mengundurkan diri dari pekerjaan anda saat ini (Resign), berikut ini sudah kami siapkan beberapa contoh surat resign untuk berbagai jenis posisi, ada contoh surat resign dari perusahaan dan contoh surat resign dari hotel. Mari langsung saja kita simak di bawah ini.

Contoh Surat Resign Kerja Dari Perusahaan

Banda Aceh, 06 November 2017

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Mulia Jaya
Banda Aceh

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama   : Minawati
Alamat : Jln. Sentosa No. 56 Banda Aceh
Jabatan : Sekretaris

Dengan surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan dan perusahaan Bapak, terhitung pada tanggal 20 November 2017.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menghaturkan banyak terima kasih atas bimbingan yang Anda berikan selama ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian perusahaan Bapak/Ibu. Saya berharap dan berdoa semoga perusahaan yang Bapak pimpin semakin maju dan berkembang.


Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Tebusan: Bagian Informasi dan Kesekretariatan
Kabag. IT Support

Hormat saya,


Mirnawati

Contoh Surat Resign dari Hotel


Banda Aceh, 06 November 2017

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Oasis Banda Aceh

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Susi Susanti
Tempat/Tgl Lahir: Banda Aceh, 21 Februari 1994
Alamat: Jln. Merdeka No. 52 Sukadami Banda Aceh
Jabatan: General Accoaunting Hotel Oasis

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 20 November 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Oasis akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Oasis, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Susi Susanti


Demikianlah Contoh surat pengunduran diri (Resign) yang baik dan benar yang bias admin sajikan kali ini untuk anda semua para pengunjung semuanya. Admin harap penjelasan serta contoh surat resign di atas dapat memberikan manfaat tersendiri bagi anda, terutama bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan referensi dalam membuat surat pengunduran diri kerja.Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa like dan share kepada teman-teman lain yang membutuhkan. Semoga proses resign anda berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Undangan Pemberitahuan Lomba Sekolah (Lengkap)

Contoh Surat Undangan Pemberitahuan Lomba Sekolah  - Beberapa orang sudah mencari beragam jenis contoh surat pemberitahuan aktivitas lomba dari beragam sumber media, terutama buat mereka yang bakal mengadakan aktivitas lomba di sekolah. Sayangnya sedikit yang tahu dengan seperti apakah contoh pembuatan surat pemberitahuan yang pas itu. Oleh karena itu di bawah ini bakal diberikan bagaimana caranya bikin surat pemberitahuan aktivitas lomba waktu di sekolah yang pas, dan lain-lain. Contoh Surat Undangan Pemberitahuan Lomba Sekolah Memanglah dari demikian banyak contoh pemberitahuan aktivitas lomba itu tak semua benar – benar memberi hasil yang dikehendaki. Lantaran ada sebagian orang yang malah cuma menggunakan saat mereka untuk mencari – mencari saja, walau sebenarnya ada langkah termudah untuk memperoleh contoh yang pas. Di mana surat ini biasanya untuk memberitahu pada kebanyakan orang atas aktivitas yang bakal diselenggarakan. Hingga kebanyakan orang bakal tahu dengan akti

Contoh Surat Panggilan Kerja Dari Perusahaan

Contoh Surat Panggilan Kerja dari Perusahaan adalah contoh surat panggilan terbaru yang akan admin posting kali ini untuk anda semua yang masih setia berkunjung ke blog contohsuratbagus.com. Namun sebelum itu, pada postingan yang lalu admin juga sudah bagikan contoh surat panggilan orang tua siswa . Jika dibutuhkan bisa langsung masuk ke postingan tersebut. namun jika yang anda butuhkan adalah referensi cara membuat surat panggilan kerja. Maka simak terus halaman ini sampai selesai. Contoh Surat Panggilan Kerja Bagi anda yang sudah mengajukan surat lamaran kerja kepada sebuah perusahaan/instansi tertentu, maka menunggu adanya surat panggilan untuk mengikuti tes tahap lanjutan atau surat panggilan kerja adalah suatu hal yang paling ditunggu-tunggu. Ya dengan adanya surat panggilan ini, artinya surat lamaran atau cv yang anda ajukan mendapat respon positif dari pihak perusahaan/instansi tempat anda melamar. Ini artinya anda sudah termasuk salah satu calon karyawan yang akan diper

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang adalah contoh surat kuasa terbaru yang hari ini akan admin bagikan untuk anda. Namun sebelum itu, sudah admin posting juga tentang contoh surat kuasa pengambilan bpkb mobil . Silahkan masuk ke postingan tersebut jika memang dibutuhkan. Sedangkan jika yang anda carai adalah contoh surat kuasa pengambilan uang di bank. Maka silahkan simak terus halaman ini sampai selesai, karena disini admin akan menjelasakan sedikit tentang surat kuasa pengambilan uang di bank berikut dengan contohnya.