Langsung ke konten utama

Contoh Surat Tembusan (Lengkap)

Contoh Surat Tembusan - Didalam menulis surat yang berbentuk kedinasan, biasanya ada ketentuan baku yang perlu dipenuhi. Ketentuan itu dari mulai penulisan kop surat, format surat, sampai tata bhs dalam surat. Satu diantara hal yang juga butuh di perhatikan dalam ketentuan penulisan surat dinas ini yaitu penulisan tembusan. Surat dinas biasanya senantiasa dibubuhi dengan tembusan surat. Tembusan surat terdapat dibagian bawah surat, yang manfaatnya untuk memberitahu kalau supaya salinan surat itu di sampaikan juga pada pihak lain.

Contoh Surat Tembusan (Lengkap)
Contoh Surat Tembusan (Lengkap)

Surat tembusan yaitu satu diantara sisi yang ada didalam surat dinas maupun satu lembaga pemerintahan. Surat tembusan atau umum yang di sebut dengan arti tindasan atau c. c (carbon copy), Walau demikian umumnya tubuh Pengembangan serta Pembinaan Bhs tak memakai penggunaan ke-2 arti itu. Tembusan berperan untuk memberitahu pada pembaca kalau surat itu diantar juga pada pihak lain yang butuh tahu isi surat itu. Kata tembusan diikuti sinyal baca titik dua tanpa ada digarisbawahi serta tak perlu memakai kata pada Yth, di sampaikan pada Yth, serta tak perlu memberi kata sebagai laporan atau arsip.

Tembusan surat ini secara umum ada tiga macam. Jenis tembusan tersebut yaitu sebagai berikut :
  1. Tembusan yang objeknya hanya satu, yaitu merupakan tembusan dengan objek yang hanya terdapat satu pihak saja ini artinya surat tersebut diperuntukkan kepada satu orang atau satu kelompok organisasi atau satu perusahaan tertentu saja.
  2. Tembusan yang objeknya lebih dari satu, yaitu merupakan tembusan yang objeknya lebih dari satu ini ditujukan kepada beberapa orang atau kelompok organisasi atau beberapa perusahaan sekaligus.
  3. Tembusan buta, yaitu merupakan maksudnya adalah bahwa salinan surat tersebut juga disampaikan kepada pihak ketiga yang tidak diketahui oleh pihak penerima surat tersebut. Tembusan buta ini bersifat rahasia. Biasanya, contoh surat yang menggunakan tembusan buta ini seperti surat tagihan dari kreditor kepada debitor. Dalam surat seperti ini, BCC- nya atau tembusannya diberikan juga kepada bank yang telah mengeluarkan referensi atau direktur di tempat si debitor tersebut bekerja. Cara membuat surat tembusan buta ini, diawali dengan mengetik surat biasa yang tanpa tembusan. Artinya, surat awal dibuat seolah –olah tanpa ada tembusan. Kemudian setelah selesai, surat tersebut diperbanyak sesuai dengan kebutuhan atau jumlah penerima tembusan. Kemudian, pada salinan surat atau duplikat surat tersebut, ditambahkan tembusan pada bagian bawah, sama seperti tata cara menulis tembusan pada umumnya. Penulisannya, diketik notasi tembusan buta atau dapat juga dengan notasi BCC atau (Blind Carbon Copy).
Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa contoh surat tembusan yang resmi.


PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDA ACEH
DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
Jl. Krueng Raya No.1 Kota Banda Aceh 22***
Telp. 022 – 89**** ext. 345 Fax. 022 -********

Banda Aceh, 10 Mei  2017

Nomor : 15/DTKT/VIII/17
Perihal : Pemberitahuan

Yth.
Seluruh karyawan
Beserta staff
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
di tempat


Dengan hormat,

Berkenaan dengan adanya pendataan tentang data kepegawaian di lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, bersama ini kami mohon Bapak/ Ibu/ Saudara untuk mengumpulkan berkas – berkas kelengkapan data kepegawaian sebagai berikut.
  • 2 (dua) lembar Fotokopi KTP
  • 2 (dua) lembar Fotokopi Kartu Keluarga
  • 2 (dua) lembar Fotokopi NPWP
  • 2 (dua) lembar Pas Foto 3 x 4 Background Merah

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik dari Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.


Kepala Biro Kepegwaian
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Dr. Teuku Fahmi , S.E, MBA

Tembusan :

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi



Demikian mengenai Contoh Surat Tembusan  pada berbagai macam bentuk dan tujuan surat. Semoga  bermanfaat dalam pembuatan surat tembusan yang baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Undangan Pemberitahuan Lomba Sekolah (Lengkap)

Contoh Surat Undangan Pemberitahuan Lomba Sekolah  - Beberapa orang sudah mencari beragam jenis contoh surat pemberitahuan aktivitas lomba dari beragam sumber media, terutama buat mereka yang bakal mengadakan aktivitas lomba di sekolah. Sayangnya sedikit yang tahu dengan seperti apakah contoh pembuatan surat pemberitahuan yang pas itu. Oleh karena itu di bawah ini bakal diberikan bagaimana caranya bikin surat pemberitahuan aktivitas lomba waktu di sekolah yang pas, dan lain-lain. Contoh Surat Undangan Pemberitahuan Lomba Sekolah Memanglah dari demikian banyak contoh pemberitahuan aktivitas lomba itu tak semua benar – benar memberi hasil yang dikehendaki. Lantaran ada sebagian orang yang malah cuma menggunakan saat mereka untuk mencari – mencari saja, walau sebenarnya ada langkah termudah untuk memperoleh contoh yang pas. Di mana surat ini biasanya untuk memberitahu pada kebanyakan orang atas aktivitas yang bakal diselenggarakan. Hingga kebanyakan orang bakal tahu dengan akti

Contoh Surat Panggilan Kerja Dari Perusahaan

Contoh Surat Panggilan Kerja dari Perusahaan adalah contoh surat panggilan terbaru yang akan admin posting kali ini untuk anda semua yang masih setia berkunjung ke blog contohsuratbagus.com. Namun sebelum itu, pada postingan yang lalu admin juga sudah bagikan contoh surat panggilan orang tua siswa . Jika dibutuhkan bisa langsung masuk ke postingan tersebut. namun jika yang anda butuhkan adalah referensi cara membuat surat panggilan kerja. Maka simak terus halaman ini sampai selesai. Contoh Surat Panggilan Kerja Bagi anda yang sudah mengajukan surat lamaran kerja kepada sebuah perusahaan/instansi tertentu, maka menunggu adanya surat panggilan untuk mengikuti tes tahap lanjutan atau surat panggilan kerja adalah suatu hal yang paling ditunggu-tunggu. Ya dengan adanya surat panggilan ini, artinya surat lamaran atau cv yang anda ajukan mendapat respon positif dari pihak perusahaan/instansi tempat anda melamar. Ini artinya anda sudah termasuk salah satu calon karyawan yang akan diper

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang adalah contoh surat kuasa terbaru yang hari ini akan admin bagikan untuk anda. Namun sebelum itu, sudah admin posting juga tentang contoh surat kuasa pengambilan bpkb mobil . Silahkan masuk ke postingan tersebut jika memang dibutuhkan. Sedangkan jika yang anda carai adalah contoh surat kuasa pengambilan uang di bank. Maka silahkan simak terus halaman ini sampai selesai, karena disini admin akan menjelasakan sedikit tentang surat kuasa pengambilan uang di bank berikut dengan contohnya.