Langsung ke konten utama

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat dan Teman (Lengkap)

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat dan Teman - Teman dekat yaitu seorang yang telah betul-betul menyatu dalam kehidupan kita, senantiasa ada buat kita, senantiasa dapat menghibur disaat sedih, serta senantiasa dapat menyampaikan hal yang tidak dapat disebutkan orang lain. Namun ingat, teman dekat tetaplah seseorang manusia, yang terkadang khilaf, yang juga miliki keperluan sendiri, serta miliki kehidupan sendiri, jadi sama-sama tahu, sama-sama mengerti keduanya, tersebut inti dari persahabatan.

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat dan Teman
Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat dan Teman

Siapa saja dapat jadi seseorang teman dekat, yang utama dapat sama-sama tahu, sama-sama menghormati keduanya serta sama-sama menutupi kekurangan semasing. Bahkan juga teman dekat juga tidak mesti senantiasa riil, dalam dunia maya juga kita dapat mempunyai teman dekat. Lantaran teman dekat cuma kita yang tahu bagaimana kita dapat mengaku bila dia yaitu teman dekat kita.

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi yaitu surat yang di buat untuk kebutuhan pribadi yang ditulis juga dengan cara pribadi untuk diperuntukkan pada orang lain, baik itu teman dekat, rekan, pacar, kerabat dan sebagainya. Pada umumnya, dalam penulisan surat pribadi tak mempunyai ketentuan yang mengikat. Bhs yang digunkan juga tak mesti bhs yang baku serta bisa ditulis menurut selera semasing. Tetapi walau demikian, pemakaian bhs yang sopan serta beretika tetaplah mesti di perhatikan sesuai sama latar belakang penerima surat.

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Seperti surat biasanya, surat pribadi juga mempunyai ciri-cirinya, yaitu seperti berikut :

1. Tak memakai kop surat
2. Tak mencantumkan nomor surat
3. Salam pembuka serta salam penutup beragam serta berbentuk lebih enjoy/non resmi.
4. Pemakaian bhs bebas (tak baku) sesuai sama selera semasing penulis
5. Format surat bebas

Langkah Bikin Surat Pribadi

Bikin surat pribadi sesungguhnya sangat gampang, lantaran seperti yang sudah saya singgung di atas sebenarnya tak ada ketentuan yang mengikat dalam penulisan surat itu. Tetapi walau bagaimanapun, surat pribadi juga mempunyai bagian-bagiannya seperti di bawah ini.

1. Alamat, tempat serta tanggal pembuatan surat
2. Salam pembuka
3. Paragraf pembuka
4. Paragraf isi
5. Paragraf penutup

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat atau Teman 


Banda Aceh, 04 April 2017

Untuk Sahabatku Dita
di Medan

Assalamualaikum. . .

Hay Dita, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMP dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Medan? apakah benar yang sering dikatakan bahwa Medan adalah kota hujan?

Dita, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda, Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dita aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Aku telah lama ingin kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Tolong bantu aku doa ya? Lalu bagaimana denganmu ? Mudah-mudahan kita bisa belajar bersama lagi di sana.

Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah, ibu dan Ara di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu.

Wassalamualaikum . .

Salam Manis,
Sahabatmu


ttd
Nur Hikmah

 

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat atau Teman



Banda Aceh, 05 April 2017

Untuk sahabatku tersayang
di Jakarta

Assalamuaialkum . .

Hay Shinta, Alhamduliliah aku baik-baik saja di sini. Dan aku bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kau benar sudah lama kita tidak bertemu lagi. Pasti dong aku bertambah tinggi, hhe. Aku sudah tidak sabar untuk bertemu denganmu. Aku sangat yakin kalau kamu semakin cantik sekarang. Mengenai kehidupanku di sini, aku sangat betah tinggal di sini. Namun tau tidak? pada awalnya aku sulit beradapatasi dengan dinginnya cuaca Bogor, tak heran mereka menyebutnya sebagai kota hujan karena hampir setiap hari hujan turun di Bogor.

Aku juga merindukanmu. Aku kangen suasana di kampung dan semua teman-teman di sana. Bahkan semalam aku bermimipi kita sedang main bersama kembali hhee. Oh iya, aku punya kabar bagus buatmu. kalau aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasisswa di jurusan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur prestasi. Aku berkompetisi dengan hampir 500 pendaftar dan aku bersyukur bisa menjadi peserta yang diterima. Oleh karena itu, kamu harus termotivasi juga untuk masuk di Universitas yang kau bilang terbaik ini.

Belajar yang giat dan jangan lupa berdoa kepada tuhan agar kau diberikan kemudahan. Aku juga akan mendoakanmu disini. Aku tunggu kamu di Universitas Indonesia ya? Semangat.

Saya kira cukup sampai di sini suratku untuk mu. Mamah, papah dan Adek Ara menitip salam kepadamu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Wassalamuaalikum . .

Sahabatmu,


ttd
Nur Hikmah

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat atau Teman


Banda Aceh, 06 April 2017

Kepada sahabatku tercinta, Amanda
di Lhokseumawe

Halooo Amanda, Apa kabar? aku harap kamu selalu dalam keadaan sehat di sana. Eh Amanda, aku sangat kangen denganmu. Kalau ada waktu, main dong ke tempatku, sepertinya kamu sibuk sekali sampai-sampai tidak pernah mengunjungi aku lagi. Sebenarnya kali ini aku yang ingin datang ke tempatmu, tapi karena suatu alasan sepertinya aku harus mengurungkan niatku.

Amanda, kamu masih ingatkan dengan Sonya, teman lama kita? Ada kabar baik yang datang darinya bahwa minggu depan dia akan melaksanankan pernikahan. Dia pun mengundang aku dan berharap kamu bisa menghadirinya. Oh iya, satu lagi, terimakasih ya atas hadiah yang kau berikan kepadaku kemarin. Aku sangat menyukainya. Ternyata kamu tidak lupa dengan warna favoritku.

Sudah dulu ya, lain waktu kita sambung kembali.

Sahabatmu,


ttd
Nur Hikmah

 

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat atau Teman


Banda Aceh, 08 April 2017
Sahabtaku tercinta, Aqila
di Tempat

Hay Aqila kabarku baik dan sehat. Bagaimana denganmu? aku harap kau juga sehat di sana. Aku juga rindu kepadamu, sebenarnya aku ingin sekali mengunjungimu di sana. Tapi maaf ya, aku saat ini sedang sibuk dengan pekerjaan-pekerjaanku. Aku janji deh, liburan bulan depan aku pasti akan mengunjungimu. Kamu siapkan makanan kesukaanku ya hhee?

Wah aku juga ikut berbahagia mendengarnya, tetapi sayang aku tidak bisa menghadirinya. Tolong sampaikan saja salam dan doaku kepadanya, semoga mereka menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah. Jelas aku masih ingat dengan warna favoritmu, kita kan bersahabat sudah lama.

Sekian dulu ya surat dariku. Tunggu kedatanganku liburan bulan depan yang akan datang. Sampai jumpa yaa.


Peluk Hangat,
Sahabat baikmu,


ttd
Nur Hikmah

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat atau  Teman

Banda Aceh, 08 April 2017
Sahabatku Nur Hikmah
Di Aceh Besar


Salam Persahabatan,
Hai Nur, apa kabarmu? Bagaimana keadaanmu? Selalu sehat dan bahagia bukan? apa kamu masih suka menanam bunga melati? Aku ingin kali jumpa sama kamu lhoh Nur, kamu pasti udah bertambah cantik ya sekarang? atau bertambah kurus?

Nur, sahabatku yang baik hati. Sejak kita berpisah, udah banyak hal yang terjadi disini. Kota kita ini memang berkembang begitu pesat. Gedung yang dulunya sering kita gunakan untuk pentas dan latihan drama kini sudah rata dengan tanah. Saat ini telah muncul bangunan yang super mewah, sayangnya tempat itu hanya dijadikan tempat belanja semata! sangat tidak mungkin untuk berkesenian apalagi untuk pentas drama.

Nur, sekian dulu ya! jangan lupa dibalas ya. Kutunggu kabarmu Nur. Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak. Juga Bg Zik ya. Terima kasih Nur. Sampai jumpa dalam liburan yang akan datang.


Sahabatmu,

Raihan Ananda


6. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat dan Teman

Bandung, 03 Februari 2016
Sahabatku, Anisa
Di Aceh Besar

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hai Sa, apa kabar? Bagaimana kabarmu Din ? Sehat dan bahagia pastinya kan? Sudah lama rasanya kita tidak bertemu ya. Sejak 2 tahun yang lalu tepatnya, saat aku dan keluarga memutuskan pindah ke Bandung, aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu Din. Aku berharap kamu selalu dalam perlindungan Allah di manapun kamu berada.

Akhir bulan ini keluargaku berencana pulang ke Aceh Besar untuk menghadiri acara keluarga. Aku berharap pada hari itu aku bisa ikut rombongan menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dengan kalian teman-teman kecilku yang sangat ku rindu.

Tapi apa dikata jika Allah menakdirkan hal lain. Ternyata hari itu aku ada ujian semester di kampus. Sehingga dengan berat hati perjumpaan kita harus diundur lain kali.

Sa, sekian dulu ya! Sampaikan salam sekaligus permintaan maafku buat teman-teman yang lain. Semoga lain kali kita bisa bertemu.

Wassalamu'alaikmu Wr. Wb.
Temanmu,

Nur Hikmah

7. Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat dan Teman

Banda Aceh, 3 Februari 2016
Temanku, Hanin
Jl. Melati No. 24
Bandung

Hanin yang manis,
Bagaimana ni kabarmu? Aku harap kamu baik-baik saja dan sehat selalu ya! Karena aku di sini juga sehat dan baik-baik saja.

Eh, Irma, bulan depan aku mau ke rumah tanteku yang ada di Bandung loh. Jadi Insya Allah aku bisa sekalian mampir ke rumahmu. Boleh kan kalau aku main ke rumahmu? Harus boleh pastinya, soalnya aku sudah kangen banget dengan kamu Irma. Awas kalau tidak boleh! Jangan marah loh, Irma, aku kan cuma bercanda. Hehe...Hanin, kamu masih melihara kucing gak? Berapa udah jumlahnya sekarang? Pasti udah tambah banyak ya. Mereka pasti lucu-lucu dan pinter-pinter deh.

Hanin, cukup sampai di sini dulu ya surat dari Aku. Jangan lupa dibalas loh, Hanin. Aku tunggu loh !

Dari temanmu

Nur Hikmah

Sekian artikel mengenai Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat dan Teman semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Undangan Pemberitahuan Lomba Sekolah (Lengkap)

Contoh Surat Undangan Pemberitahuan Lomba Sekolah  - Beberapa orang sudah mencari beragam jenis contoh surat pemberitahuan aktivitas lomba dari beragam sumber media, terutama buat mereka yang bakal mengadakan aktivitas lomba di sekolah. Sayangnya sedikit yang tahu dengan seperti apakah contoh pembuatan surat pemberitahuan yang pas itu. Oleh karena itu di bawah ini bakal diberikan bagaimana caranya bikin surat pemberitahuan aktivitas lomba waktu di sekolah yang pas, dan lain-lain. Contoh Surat Undangan Pemberitahuan Lomba Sekolah Memanglah dari demikian banyak contoh pemberitahuan aktivitas lomba itu tak semua benar – benar memberi hasil yang dikehendaki. Lantaran ada sebagian orang yang malah cuma menggunakan saat mereka untuk mencari – mencari saja, walau sebenarnya ada langkah termudah untuk memperoleh contoh yang pas. Di mana surat ini biasanya untuk memberitahu pada kebanyakan orang atas aktivitas yang bakal diselenggarakan. Hingga kebanyakan orang bakal tahu dengan akti

Contoh Surat Panggilan Kerja Dari Perusahaan

Contoh Surat Panggilan Kerja dari Perusahaan adalah contoh surat panggilan terbaru yang akan admin posting kali ini untuk anda semua yang masih setia berkunjung ke blog contohsuratbagus.com. Namun sebelum itu, pada postingan yang lalu admin juga sudah bagikan contoh surat panggilan orang tua siswa . Jika dibutuhkan bisa langsung masuk ke postingan tersebut. namun jika yang anda butuhkan adalah referensi cara membuat surat panggilan kerja. Maka simak terus halaman ini sampai selesai. Contoh Surat Panggilan Kerja Bagi anda yang sudah mengajukan surat lamaran kerja kepada sebuah perusahaan/instansi tertentu, maka menunggu adanya surat panggilan untuk mengikuti tes tahap lanjutan atau surat panggilan kerja adalah suatu hal yang paling ditunggu-tunggu. Ya dengan adanya surat panggilan ini, artinya surat lamaran atau cv yang anda ajukan mendapat respon positif dari pihak perusahaan/instansi tempat anda melamar. Ini artinya anda sudah termasuk salah satu calon karyawan yang akan diper

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang adalah contoh surat kuasa terbaru yang hari ini akan admin bagikan untuk anda. Namun sebelum itu, sudah admin posting juga tentang contoh surat kuasa pengambilan bpkb mobil . Silahkan masuk ke postingan tersebut jika memang dibutuhkan. Sedangkan jika yang anda carai adalah contoh surat kuasa pengambilan uang di bank. Maka silahkan simak terus halaman ini sampai selesai, karena disini admin akan menjelasakan sedikit tentang surat kuasa pengambilan uang di bank berikut dengan contohnya.